Selasa, 28 Oktober 2008

Teknik Industri, teknik Jarkom Confirm

Jarkom:persebaran informasi,dalam tulisan ini saya khususkan dalam bidang sms(short massage sevice)
Ini metode yang saya kreasiakan..saya sebut saja ini sesuai bidang saya..Teknik INdustri,hehe..
Punya masalah dalam hal jarkom? YAng dijarkom gak pernah konfirm? Apalagi jarkomnya terpusat..dari A ngsms ke B,D,E,F,...Z sekaligus..Ternyata kadanga B dkk amat malas membalas SMS A.entah isinya menyanggupi kehadiran atau ketidaksanggupan. Ini menjadi masalah..Kadang si A suka cape hati lho,,huhu..sedih(kok jadi curhat)

Saya temukan cara,,namanya apa ya...mmm..metode aur(sesuai nama saya,hehe..)

Caranya..A jarkomnya mengalir dari B sampai Z..JAdi B bertanggung jawab juga dalam megalirnya arus informasi tersebut. Jarkom tersebut balik lagi ke A..Jadi A-->B,...,Z-->A jadi A udah tau bahwa informasi sudah lewat semua orang,,karena informasi ikut dialirkan semua orang. Menjadikan orang sebagai pelaku pencapai tujuan,,bukan sebagai objek tujuan semata(ini prinsip yang amat penting)..

Namun berarti setiap orang perlu dua kali sms,,pertama sms buat megalirkan jarkom tersebut kedua sms untuk konfirmasi..Boros kan..Kadang orang juga males kalu gitu..Ada metode penghematannya..

B,C,D...Z harus membubuhkan huruf di belakang namanya sebagai tanda konfirmasi..Biar gampang, langsung contoh aja ya(ada gak sih orang yang mampu menjelaskan sejelas-jelasnya tanpa perlu kasih contoh..)

///Jarkom
Saat rio masuk kelas nanti kalian harus menghampiri rio sambil mengucapkan selamat ulang tahun dan berdoa semoga rio makin ganteng,,bubuhkan huruf di belakang namamu untuk konfirmasi bila kmu jawab...
1.males ah bubuhkan "m"
2.cape deeh bubhihkan "c"
3.Saya siap melaksanakan sami''na wa atho'na (kami dengar dan kami taat) bubuhkan "s" contoh riom artinya rio males melakukan hal tersebut
jarkom rio-ashari-bubeng-dito-aji-hakam-rio

setelah itu jarkom kembali lagi ke rio

///Jarkom
Saat rio masuk kelas nanti kalian harus menghampiri rio sambil mengucapkan selamat ulang tahun dan berdoa semoga rio makin ganteng,,bubuhkan huruf di belakang namamu untuk konfirmasi bila kmu jawab...
1.males ah bubuhkan "m"
2.cape deeh bubuhkan "c"
3.Saya siap melaksanakan sami''na wa atho'na (kami dengar dan kami taat) bubuhkan "s"
contoh "riom" artinya "rio males melakukan hal tersebut"
jarkom rio-asharis-bubengs-ditos-ajis-hakams-rio

nah rio bisa menyimpulkan bahwa teman-temannya siap melakukan apa yang diperintahkan...Simple kan..ini penghematan dana hingga 100%

perhatian
dalam membuat jarkom harus dipikirkan sisa ruang untuk teman membubuhkan huruf..Misal,,sms kita sudah 160 karakter terus teman kita perlu membubuhkan satu huruf,,jadi deh dia harus melanjutkan jarkom sms dengan 161 karakter yang artinya dua halaman..itu sama saja dengan pemborosan..Jadi kalau yang dijarkom itu 6 orang, buatlah jarkom dengan isi cukup 154 karakter..teman-teman kita, ke-6 orang itu tinggal membubuhkan 6 huruf masing-masing satu..154+6=160 pas..hemat,,pasti pas (dari nol lagi yaa..(iklan pertamina))

perhatian dua
sebelumnya buat saja perjajian,bagi yang tidak bisa..maka harus menyampaikan alasan ke rio..

perhatian tiga
bila jarkom tidak balik lagi ke bandar jarkom,,miskol saja satu per satu untuk mengingatkan..

semoga berguna

semoga cost-nya makin kecil

tidak ada sistem yang sempurna,namun selalu ada sistem yang lebih baik..dan sistem yang TUhan kita buat selalu bisa lebih baik dibandingkan sistem lain..

Tidak ada komentar: