Minggu, 05 Oktober 2008

Maaf Kita akan Diuji

Idul Fitri,memberi maaf..Itu sulit. Karena maaf adalah hal yang abstrak, suatu maujud yang tak berwujud(intinya, tak berwujud)..Memberi permen atau memberi daun atau membri ketupat,itu lebih mudah,ada bentuknya..Namun saat kita harus memberi maaf..Kita sesungguhnya akan bingung hendak memberi benda apa. Bahkan memberi senyum jauh lebih mudah..Memberi senyum sinis sekalipun..

eh..tapi tunggu bentar,,saya tiba-tiba menemukan gambaran,,(arah tulisan saya berbelok dari yang sebelumnya saya rencanakan)..

einstein pernah bertanya pada gurunya..Apa itu gelap? dan ia jawab sendiri,,gelap adalah kondisi tidak ada cahaya..Namun kini saya bertanya,,apa itu terang? Maka tak salah bila saya jawab juga bahwa terang adalah kondisi tanpa kegelapan..Dari sini saya menemukan cara untuk mendefinisikan maaf..Ada dua cara sebenarnya..

Pertama,,memaafkan adalah kondisi tak ada gelap dendam dalam hati..
Kedua,,memaafkan adalah kondisi hati penuh cahaya cinta dan kasih sayang..

Dua-duanya betul
Dua-duanya boleh

Namun implikasinya(efeknya) yang rumit dan berat..(tulisan saya kembali ke rencana,hehe..)
Cinta itu kondisi hati,maujud tak berwujud..Dan cinta baru diuji saat dia sudah sampai ke pelataran drama kehidupan anak manusia..Mudah bilang cinta,,tapi saat Istri menua, malah ditingalkan..cinta gagal dalam ujian..

Begitu pula maaf,,mudah bilang memaafkan,,namun maaf akan menguji..Saat kita bertemu dengan yang kita beri maaf..Mampukah kita membuncahkan cinta dalam hati?dengan senyum?dengan
--tiba-tiba saya sadar di keyboard saya ada tuts bertuliskan 'macro' di sebelah kiri 'shift',,di sebelah kanan '/'..Itu tombol apaan sih?---
(kita lanjutkan)
dengan...dengan apa ya?dengan jabatan tangan?
perkataan maaf kita diuji..mampukah ia lolos ujian?Atau kita hanya pujangga busuk yang siap menggombalkan maaf tiap iedul Fitri(kasar banget ya,,hehe..)

Tapi beneran lho,,di ranah keimanan,banyak yang tak lolos ujian..Katanya cinta sama Allah..Tapi nonton VCD porno..katanya rindu dengan naungan Allah..Tapi shalat masih kalah ama naungan pacar..Katanya iman..tapi masih takut besok gak dapet jodoh,,atau gak dapet riziki,,rizki maksudnya(saya lupa cara mengeja rizki)

Jadi..suatu maujud yang tak berwujud akan terus dijui(diuji,,salah ketik mulu ah)..iman,cinta,maarf

"mungkinkah kau mencintai diriku,selama-lamanya hingga maut memisahkan..bukan hanya cinta yang sesaat trus menghilang bila hasrat telah usai"
Reza-Keabadian

Tidak ada komentar: