Minggu, 19 Oktober 2008

Jalan Gratis ..tis..tiss tis!!


13 Oktober 2008


,,senin,,seperti biasa saya menyusup ke kelas mata kuliah pengantar kuliah ekonomika Pak Agus Salim, meski seharusnya pukul 13 itus aya bisa tenang makan siang atau tidur siang..Saya terlanjur jatuh hati pada guru besar TI itu..kedalaman ilmunya mahal kalau disia-siakan..


Sering dapat inspirasi..salah satunya ini..Saya baru tahu bahwa membuat jalan raya itu harus membeli tanahnya dulu..Wajar kalau seperti pulau jawa,tanah emmang mahal..tanah bisa bernilai tinggi,,bisa jadi rumah..bisa jadi kantor berlantai 20 yang menghasilkan uang milyaran..Tanah boleh mahal..Tapi kata beliau,itu tak sama dengan di pulau-pulau lainnya..Kalimantan misalnya. Tanah di sana bisa jauh lebih murah dibandingkan dnegan tanah Jawa..Karena tanah di sana tidak sepotensial tanah Jawa..Hutan gitu loh,,rawa..

Nah sayangnya, pemerintah daerah tidak mau menggratiskan tanah itu untuk pembuatan jalan..Menurut Pak Agus Salim,seharusnya gratiskan saja. MUdahkan tumbuhnya jalan raya di daerah terpencil seperti itu. Karena sarana transportasi yang baik akan memudahkan pertumbuhan daerah..Seperti di game sims city, rumah-rumah aru akan berdiri bila dia di samping jalan raya,atau punya jaln raya yang bagus. Daerah ynag tumbuh juga akan membuat harga tanah makin mahal, makin menguntungkan..

Harga membeli tanah itu lebih mahal dari ongkos bikin jalan yang memadai lho..

Bener juga ya,jago nih dosen

wajar bila Jepang pernah berkata bahwa ia mampu dalam beberapa tahun memajukan Kalimantan, memang bukan tak mungkin..

Bukan hanya kalimantan..

Tidak ada komentar: