Selasa, 07 Oktober 2008

kima dasar, oh dasar kimia

Kulihat papan nilai kimia. Lututku lemas. Ada huruf E terpampang di samping nama Rio Aurachman. Oh iya nama saya kan bukan Rio Aurachman, nama saya Nicholas Saputra..Mana ya..Nico..nico.. Kok gak ada nama Gw ya.. Emang nicholas saputra udah kuliah ya? bukannya dia masih SMA, teringat Film AADC(sejenak saya jadi edan) ..oke..oke..kembali ke jalan yang benar..Tak perlu dipungkiri,saya punya akte lahi dan nama saya Rio tak ada Nico-nico-an. Dan saya mendapat nilai E untuk mata kuliah kimia dasar..

Dosen..mana dosennyaaaaa??? ternyata dosennya ke Jepang..Grrrr..airport..airport..ada kemungkinan 0,00001 persen saya akan ke Jepang dengan pesawat dan kemungkinan 0,0000000000001 persen saya ke Jepang dengan berenang..Sudahlah ,saya Harus ngulang Kimia..

Setahun kemudian
"Sepertinya kalian harus mengulang Kimia 1B dengan 1A,,", suara Pak Ketua Program Studi nan merdu..
"Edan!!" suara dari kiri
"Aduh!!" suara dari kanan
"Masak harus tiga SKS? pRaktikum lagi." suara dari belakang
Saya diam saja..saat teman-teman mengaduh dan mengeluh tetap harus ada seseorang yang tenang dan cool..Dan itu adalah saya. Padahal di dalam hati, rubah berekor sembilan sedang mengamuk..Dan berteriak..teriak..
"Grrroaaarr,,Saya harus ngulang kimiaaaa..Apa kata dunia..Saya harus praktikum kimia juga,,apa kata dunia? apa kata Adam Smith(tokoh T. INdustri)? Apa kata mang Aep(Tukang Bubur di SMA saya yang suka mendoakan saya agar sukses di kemudian hari)..Tidaaaaakkkkk,,sudah banyak masalah hati..ditambah lagi masalah baru.."

Yak itu hanya suara di dalam hati..Tampak luar saya tetap tenang dan muka nelangsa(memprihatinkan)..Pasrah pada nasib..Karena perubahan kurikulum di ITB,kami yang tak lulus mata kuliah Kimia Dasar versi B harus menggantinya dengan Kimia Dasar versi A yang mengharuskan praktikum dan kuliahnya bisa 66%lebih banyak. selain itu, pelajarannya ditambah satu bab. Harus disyukuri..Karena banyak hal menarik yang terjadi.

Yang pertama di ruang kuliah..Saat masuk kelas, kami para mahasiswa tingkat dua yang rela belajar tingkat satu bersama mahasiswa TPB ini akan diperhatikan sekelas. Serasa jadi artis deh..Muka mereka mengarah pada satu arah..Kami..Mungkin hanya perasaan. Kami seperti jadi barang unik, enak dipandang. Pasti banyak pertanyaan di benak mereka. Kok ada muka baru. TPB bukan? ITB bukan? Manusia bukan?(pertanyaannya tidak seekstrem ini)..Kakak itu ngapain ke sini? Tapi mereka adik-adik yang baik. kak sungkan saat berkenalan ataupun ditanya kami,kakak kelasnya yang mengulang kuliah..

Yang kedua di Lab Kimia Dasar.."Lho,,akang jadi asisten Kimia dasar?"
pertanyaan itu kerap muncul. Berhubung adik kelas masa SMA banyak yang masuk ITB..Peluang untuk bertemu menjadi makin sering. Dan tentu saya harus menjelaskan bahwa saya memang mengulang kimia. Tak mungkin saya membual dengan bilang,oh saya kerja part time bersih-bersih Laboratorium. saya berkenalan dengan Helmi, elektro 2007. Anak yang unik. Kami yang senasib ini berada dalam satu sesi Praktikum yang sama.

Kejadian lainnya adalah saatpraktikum kami harus mensentrifugasi suatu campuran. Karena tak tahu apa itu sentrifugasi, saya memutar-mutar tabung sentrifugasi dengan tangan, hingga akhirnya ada kakak asisten menunjukkan alat..Oh itu....begitu caranya,,sungguh gaptek

Oh iya..praktikum kali ini diwajibkan pakai google. penutup mata. Pelindung mata, Namun sejauh ini saya tak menemukan esensinya saat praktikum. google punya saya malah rusak tak sengaja teremas. Kacanya patah. ditaruh di rumah malah dipake main adik saya, rafa, yang umurnnya baru beberapa bulan. Ini ada fotonya:

Tolong doakan saya lulus kimia

Tidak ada komentar: