Sabtu, 01 Januari 2011

Tim Pemasti Regenerasi


Salah satu permasalahan organisasi yang tidak pernah hilang dari peradaban adalah tidak adanya penerus dari suatu jabatan. Suatu organisasi akan hancur luluh lantak berantakan saat pejabat yang baik tidak ditemukan setelah pejabata sebelumnya pergi. Sehebat apapun suatu pemegang jabatan, organisasi pasti hancur saat tidak ada penerusnya. Tapi bila suatu pemegang jabatan buruk dalam memegang jabatan, harapan masih tetap ada bila generasi penerusnya ada. Sehingga perlu ada seseorang yang memegang peran penting ini. Mencari penerus.

Dalam suatu organisasi tentu ada suatu bagian yang mengelola sumber daya manusia. Salah satu cara untuk mencegah generasi yang hilang adalah terdapat seseorang yang bertanggung jawab sehingga setiap amanah pasti ada penerusnya. Kita Sebut diua PJR/ Penanggug Jawab Regenerasi. Strategi yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

Setiap jabatan harus memiliki tiga calon pejabat. Di mana tiga calon tersebut dibina secara intensif oleh orang yang memegang jabatan itu sekarang. Program pembinaan dapat berbentuk apapun. Namun yang harus disepakati di awal adalah, si pejabat harus me-list/ menulis apa saja kompetensi yang harus dimiliki oleh calon agar siap menjabat di periode selanjutnya. Misalkan setelah dirunut muncul menjadi 10 kompetensi. Kompetensi tersebut dapat berasal dari referensi kompetensi pejabat sebelumnya. Maka secara berkala pejabat mendidik ketiga calon agar memiliki kompetensi tersebut. Pendidikan yang dilakukan dapat berbentuk training atau mentoring atau metode kreatif lainnya. Tugas PJR adalah memastikan agar terjadi proses belajar mengajar yang baik antara pejabat dan calon. PJR mengecek apakah ke-10 kompetensi telah berhasil diwariskan sebelum jatuh batas waktu.

Dari ketiga calon tersebut dapat dipilih mana yang terbaik. Dua calon yang tidak terpilih dapat diposisikan untuk menjabat di cabang organisasi baru di wilayah lain.

Harapannya hilangnya penerus akan dapat dihindari.

Tidak ada komentar: