Sabtu, 01 Januari 2011

How To Start a Batalyon


Umumnya program mentoring dilakukan secara serentak oleh sekian banyak mentor dan sekian banyak adik mentor. Pengurus dipaksa untuk bekerja keras membuat 10 kelompok mentoring berjalan secara bersamaan. Itu adalah hal yang berat dikarenakan pengurus harus memastiakn 10 orang bekerja dengan baik dan 100 adik mentor hadir di pembinaan. Diperlukan suatu sosok pemimpin yang kokoh dalam memimpin 10 orang mentor ini, kita namakan dia Danmen atau komandan mentor.

Tantangan pertama yang dialami oleh danmen adalah menjalankan semua mentoring dengan baik. Bila danmennya lemah, tentu mentornya juga akan lemah. Beberapa kesalahan yang kerap dilakukan danmen dalam starting engine(memulai pembinaan) adalah:
-mentor lalai dan tidak menjalankan mentoring
-adik mentor tidak datang
-mentor tidak berusaha untuk mengajak adik mentor yang tidak datang


Ini adalah masa-masa yang kritis, peserta mentoring umumnya baru kali itu merasakan mentoring dan bila mendapatkan tindak tanduk mentor yang tidak patut diteladani, mereka akan malas untuk pembinaan islam. Tentu saja bila mentornya terkesan malas, adik mentornya pun akan malas.

Ditegaskan di awal bahwa fase awal dalam strating engine ini mempunyai satu tujuan, mentoring berjalan stabil hingga beberapa pertemuan.

Danmen harus bertindak cepat. Dan diakarenakan tindakan hgarus cepat, data pun harus sampai dengan cepat. Berikut adalah hal-hal yang dilakukan oleh danmen:
-mendata setiap keberjalanan mentoring sepekjan sekali, dapat dilakukan dengan bantuan seorang sekretaris. Yang dilakukan adalah bertanya kepada mentor, apakah mentoring berjalan? Bila berjalan siapa saja yang hadir
-Mendeteksi masalah mengapa mentoring tidak berjalan. Penyebab masalah dapat amat bervariasi, bisa merupakan kesalhan adik mentor maupun kesalahan mentor
-Bila mentor adalah penyebab permasalahannya, maka segera ambil tindakan. Bisa dengan memberikan rekomendasi solusi, misalkan permasalahannya adalah tidak ada pulsa untuk mengajak adik mentor, maka perlu dicari cara sehingga pulsa bisa didapatkan.
-Bila mentor tidak ada itikad baik dalam menyelesaikan masalahnya, segera pecat dan ganti dengan orang lain. Misal mentor tidak mau membalas sms.
-Bila permasalahannya terdapat pada adik mentor, maka mentor diminta untuk menyelesaikan masalahnya. Misal adik mentor tidak bisa hadir karena jauh, maka rekomendasikan agar tempat mentoringnya berpindah. Bila permasalahan adik adalah malas, maka mentor diminta untuk bersabar dalam mengajak. Mentor harus memotivasi hingga hidayah datang kepada adik mentor. Tentunya sambil melakukan berbagai dakwah fardhiyah, dan pendekatan lain.


Hal ini perlu dilakukan secara disiplin setiap sepekan sekali, bahkan lebih sering dan ketat. Ketegasan perlu dimiliki oleh danmen dan jangan sampai ada perasaan tidak enak kepada mentor bila memang perlu memecat mereka. Namun yang paling penting danmen harus mempunyai iman yang kuat, haus akan amal dan pahala, serta mempunyai ambisi kuat untuk memberikan yang terbaik bagi Allah, yaitu kehadiran mentoring 100%.

Tidak ada komentar: