Sabtu, 27 Desember 2008

Tentang milis

Sungguh saya tak habis  pikir,, kan dulu pernah ngirim file dengan besar beberapa megabyte lewat milis yahoo..
Dan saya berpikir..gile bener tuh yahoo punya hardisc segede apa?
andai dalam satu milis beranggotakan 1000 orang dan besar file yan dikirim adalah 5 mega byte. Maka sekali transfer file, yahoo harus menyiapkan 5 giga byte.. Dan bayangkan lah berapa transfer yang terjadi di dunia ini...

wow

lalu saya merenung dan saya sadar..

ga mungkin lah

saya menemukan hipotesa baru..Bisa jadi file yang saya kirim ke milis itu gak langsung dikirim ke 1000 anggota,tapi hanya dikirim ke pusat data yahoo di luar negeri sono..Yang sebenarnya dikirim ke semua orang adalah link untuk mendownload file tersebut..


bener gak ya..
Jadi yahoo cukup ngirim kalimat 
paling berapa byte..tapi orang yang ngeklik kalimat itu bisa langsung ngedownload file yang gedenya beberapa juta byte..

bener gak ya?
atau saya telat sadar?

Tidak ada komentar: