Kamis, 11 Desember 2008

Bener Gak sih Mereka Butuh?

Dari kepanitiaan basic training ini saya mendapatkan banyak hal
salah satunya adalah kemampuan kritis dalam pencapaian tujuan..

Jadi gini ceritanya, kan Basic Training dirancang untuk membenahi rohis kota Bandung. namun ada hal yang kami lupa tanyakan dan kami lupa jawab.. Yaitu,apakah benar rohis kota Bandung Butuh pembenahan? Kalau iya di sebelah mana? Terlihat butuh pembenahannya seperti apa? Itu harusnya amat jelas.. sumbernya pun mesti valid...

Lalu bicara ke hasil atau tujuan dari basic training ini, Misalnya ingin agar rohis makin maju,,harus dijelaskan majunya seperti apa..Terukur dari mana..

Kalau input dan output jelas,terkuantifikasi..Maka sistem yang dirancang pun akan baik..Akan jelas di basic trainingnya mau dijadikan seperti apa..Jadi harus bicara tentang output dan input dahulu secara jelas, baru kita mendesain sistem yang mengolah input menjadi output..

Sungguh ilmu yang berguna

Namun yang membuat saya paling tertegun adalah tentang pentingnya pengecekan ulang dari dasar pembuatan tujuan..Misalnya kita ingin membuat pentas seni dengan tujuan eksistensi sekolah..Kita perlu kritis bertanya, emang sekolah kita butuh eksis? Kenapa butuh eksis? Kalau butuh dilihat dari mana bahwa sekolah kita kurang eksis?Sumber datanya valid tidak?
Ini penting, agar acara kita gak hanya sekedar menjadi sampah..


Tidak ada komentar: