Jumat, 18 April 2014

Film The Experiment dan Hidup yang Senda Gurau

ada film yang sangat bagus judulnya "The Experiment"
sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/The_Experiment_(2010_film)
menceritakan sekelompok orang yang mengikuti percobaan psikologis kondisi Penjara di sebuah gudang terkunci. Sebagian berperan sebagai sipir, sebagian berperan sebagai tahanan.

kondisi semakin runyam saat semua orang begitu menjiwai sandiwara dan eksperimen tersebut.
sipir serius menyiksa,tahanan serius mau memberontak,mereka saling serang, saling pukul bahkan ada yang sampai terbunuh.

lalu tiba-tiba gudang eksperimen tersebut dibuka,semua orang bisa keluar,mereka dijemput bis untuk pulang ke kota asal..Sipir dan dan tahanan yang awalnya mau saling bunuh itu kini duduk berdampingan tanpa serangan, bercengkrama, seakan-akan tidak pernah terjadi apa-apa.

saya rasa begitulah hidup,nanti setelah meninggal, di padang mahsyar, kita semua berdampingan,as sisi dan mursi,ARB dan prabowo,dosen dan bimbingannya, guru dan siswa, obama dan putin,
semua antri persidangan pahala&dosa,tanpa berseteru,seakan lupa semua konflik dan kompetisi di dunia,tersadar bahwa itu semua hanya sandiwara,hanya sendau gurau belaka"

menganggap remehnya kehidupan dunia,sebagaimana anak SMA menganggap remeh masalah hidupnya saat TK.

QS. Al An`aam : 32.
“Wa mal hayatud dunyaa illa la`ibun wa lahwun, walad darul akhiratu khairul lillazdiina yattaquuna, afalaa ta`qiluun”
“Dan tidaklah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka, dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?”

cara berpikir seperti ini bisa mengurangi stress..

Tidak ada komentar: