Kamis, 24 April 2014

IPTEK dan Sains dalam Film Einstein and Eddington

Einstein dan Eddington

Film yang menceritakan proses enistein menemukan teori relativitas di awal 1900. Beliau di Jerman dan Eddington di inggris. Mereka surat menyurat saling bantu untuk menemukan teori tersebut. Tapi sayang Inggris sedang berperang dengan Jerman. Para ilmuwan senior mengecam kerjasama mereka.karena mana mungkin dua negara yang berperang malah bekerjasama menemukan teori.perkembangan sains dipaksa mengikuti suhu politik..

Einstein dan eddington melawan, mereka berpikir, perang ga perang, sains harus tetap berkembang tanpa terpengaruh politik..

Mungkin ini menjadi salah satu alasan, kenapa kampus dan insitusi pendidikan lepas dari pengaruh politik, karena sering kali politik membatasi perkembangan sains..

tapi ada di lain waktu perkembangan ilmu saat dinasti abasyiah pesat, karena dukungan pemerintah begitu besar kepada para ilmuwan (dari buku: renaissance islam)..kadang politik membantu perkembangan sains..

jadi dilema..mungkin politik dan insitusi pendidikan boleh bersatu,,dengan syarat hubungannya saling menguntungkan..Bukan yang satu menjadi tunggangan yang lain. Misal kampus dimanfaatkan seseorang untuk menaikkan elektabilitas politiknya..

tapi deddy mizwar berkata lain: "Andaikata ada orang yang menunggangi saya dan karena ditunggangi saya ada manfaat untuk masyarakat yang sangat besar, maka jangan tunggangi saya 5 tahun. Tunggangi saya 20 ribu tahun kalau itu manfaat buat rakyat"

#politik #TataNegara

Tidak ada komentar: