Jumat, 31 Desember 2010

GBAQ : Gerakan Baca Arti Al-Qur’an


Rekomendasi muatan akan dipropagandakan dan diwabahkan di Kota Bandung
GBAQ : Gerakan Baca Arti Al-Qur’an

Latar belakangnya adalah seringkali saat kita berkunjung ke masjid warga, Al-Qur;an yang terdapat di sana adalah Al-qur’an dengan bahasa arab saja. Hal tersebut mencegah orang yang tidak paham bahasa arab untuk dapat mengerti indahnya makna Al-qur’an. Walhasil Al-qur’an dipandnag sebagai nyanyian dan senandung pengiring adzan. Padahal Al-Qur’an sejatinya adalah suatu penuntun manusia di tengah kegelapan dunia.

Maka perlu dipropagandakan suatu budaya sehingga dipastikan setidaknya ada satu buah Al-Qur’an dengan arti bahasa Indonesia di tiap masjid di Kota Bandung khususnya dan Indonesia umumnya. Hal tersbeut akan mendorong umat agar lebih dekat dengan makna kitab sucinya.

Suatu contoh tindakan teknis yang dapat dilakukan adalah membuat suatu stand pembelian Al-Qur’an. Lalu tiap muslim dapat membeli Al-Qur’an tersebut dan memintanya agar ditaruh di suatu masjid di Kota Bandung. Setiap pembeli Al-Qur’an akan diberikan satu pin sebagai tanda kontribusi. Harapannya dengan usaha tersebut, sedikit demi sedikit makin banyak muslim/muslimah yang menyumbangkan uangnya untuk membeli Al-Qur’an dan lalu menyebarkan Al-Qur’an tersebut di seluruh masjid Kota Bandung. Setelah hal tersebut, diharapkan Al-Qur’an dapat menjadi spirit bagi umat.

Suatu contoh tindakan teknis lain adalah menjalin suatu komunikasi dan kerjasama dengan organisasi yang mengkoordinasikan semua masjid di Kota Bandung. Melalui organisasi tersebut, dibuatlah suatu surat perintah dan komando bagi seluruh masjid agar melengkapi masjidnya dengan Al-Qur’an yang memiliki arti. Setelah surat perintah tersebut dibuat, disebarkanlah surat tersebut di seluruh pelosok kota Bandung dan membaca arti Al-Qur’an akan membudaya.

Tidak ada komentar: